banners
Selamat Datang Di Tabloid Ananda Ceria
Home » » Mengenal Tahap Pembelajaran Bayi

Mengenal Tahap Pembelajaran Bayi

Written By Performa on Senin, 11 Juni 2012 | 23.46

Bayi memiliki tahapan dalam pengenalan terhadap obyek, lingkungan dan penalaran

Memiliki bayi tentu membuat anda selalu ingin tahu kemampuannya dari hari ke hari. Bayi laksana kertas putih di mana memorinya mulai merekam sekaligus mencetak jejak peristiwa yang dikenalinya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sejak pertama kali menghidup hawa bumi, bayi telah mulai dengan belajar akan kondisi sekitar.

Kemampuan kognitif yang dimiliki oleh bayi meliputi kemampuan mental yaitu berpikir, belajar serta proses pemecahan masalah. Proses pembelajaran bayi dalam kurun waktu sejak lahir sampai usia 1 tahun adalah sebagai berikut.

Pada usia 0-1 bulan bayi mulai merespon terhadap cahaya remang yang ditangkap melalui indera penglihatannya. Daya akomodasi semakin menguat saat bayi memasuki usia 1 bulan. Di usia ini bayi sudah mampu melihat ke arah orang-orang ataupun benda yang sedang bergerak.
Terkait dengan kemampuannya melihat, maka di usia ini. Bayi senang menatap wajah orang-orang di sekitarnya. Bayi mulai merasakan senang dengan sesuatu yang dia lihat. Terkadang tatapannya tajam dan melekat karena memorinya sedang berusaha merekam yang dia saksikan.

Memasuki usia 2 Bulan, kemampuan visualnya semakin meningkat. Mata bayi sudah dapat bergerak mengikuti orang atau benda yang bergerak. Bayi juga sudah mulai merespon terhadap yang dia lihat melalui senyuman.


Ketika mencapai usia 3 Bulan, bayi mulai mempelajari anggota tubuhnya dan senang melihat tangannya sendiri.

Sejalan dengan hal tersebut, respon sentuh bayi mulai berfungsi bagus. Bayi belajar tentang keberadaan barang-barang dengan cara merasakan suatu benda dengan mulut dan tangannya.

Bayi usia ini juga sudah mulai merespon suara dengan cara menengokkan kepalanya ke arah suara berasal. Bayi juga sudah bisa tersenyum kepada orang yang dia kenal.

Di usia 4 bulan mulai dapat memfokuskan matanya ke arah suara berasal serta mengeksplore mainannya dengan memegang mainan dengan tangannya sendiri.

Pada usia ini, jika bayi dihadapkan ke cermin, bayi akan tersenyum


Usia 5 bulan bayi mulai belajar memecahkan sebuah masalah atau teka teki melalui kemampuannya menemukan mainan yang disembunyikan secara sebagian di bawah kain.
Selain itu dia mulai berusaha menarik perhatian dari lingkungan sosialnya dengan bersuara-suara.
Bayi juga mulai memperhatikan orang yang baru dia kenal sebagai bentuk kemampuan belajar membedakan subyek.

Memasuki usia 6 bulan, maka anda akan mendapatkan si kecil mencoba meraih mainannya yang posisinya berada di luar jangkauan.

Bayi juga sudah belajar hidup bersosial serta menyukai keramaian.

Di usia 6-12 bulan si kecil makin lihai untuk melakukan pemecahan persoalan. Satu di antaranya adalah dengan menemukan benda atau mainannya setelah sebelumnya melihat lalu disembunyikan. Selain itu bayi mulai merasa bosan atau jenuh dengan mainan lama dan tertarik dengan subyek baru atau unik. Di usia inii, bayi mungkin akan lebih tertarik terhadap plastik pembungkus makanan ataupun alat kosmetik anda jika dibandingkan dengan bermain giring-giring.


Anda juga pasti mulai takjub menyaksikan si kecil mulai mampu belajar gambar yang ada di buku, jadi sekarang anda mulai bisa membelikan si kecil buku-buku bergambar.

Bayi juga dapat menggunakan benda sebagai suatu peralatan sesudah diajari cara memakainya.

Bayi di range usia ini sudah dapat belajar menemukan formula baru untuk permainannya, seperti memperlakukan mainan dengan cara yang baru, menariknya, memutarnya, menyodoknya, dan merobeknya. Rasa penasaran terhadap benda juga sudah mulai tinggi. Dia lebih tertarik dengan benda yang mampu menimbulkan suara dan mencoba menganalisis hubungan sebab akibat.

(Lioni Ellis Handoyo)

0 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Ceria Ananda . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Performa